Posted by Taretan Edisi Online
Perekaman data pelanggan merupakan kunci utama dari transaksi jual beli energi listrik antara PLN dengan Pelanggan, sehingga perlu dilakukan pengawalan mulai pelaksanaan perekaman sampai dengan terbit rekening, karena proses ini berpengaruh pada pendapatan dan susut kwh.
System yang lama masih menggunakan sistem konvensional sehingga membutuhkan waktu tenaga yg extra untuk proses pengawalan dan pengawasannya, sedangkan system yang baru telah menggunakan teknologi informasi sehingga lebih mudah untuk pengawasan. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi tersebut kita tidak boleh terlena dengan kemudahan yang ada, justru kita harus memanfaatkan sistem tersebut untuk mengoptimalkan kinerja kita.
Untuk itu Area Situbondo membentuk tim "Pengawas Kualitas Pekerjaan Perekaman Data Pelanggan" yang dibentuk langsung oleh Manajer Area Moh. Arief Mudhari,ST dan di sosialisasikan pada tanggal 22 Mei 2013 dan bersamaan dengan In House Training Pengawasan Perekaman Data Pelanggan. Diharapkan dalam pelatihan ini ke depannya akan meningkatkan kualitas pengawas dan hasil dari perekaman data pelanggan tersebut, sehingga hasil dari kegiatan tersebut yang berdampak pada Pendapatan dan Kinerja Susut bisa "Trust" dan dapat di pertanggung jawabkan.