Posted by Taretan Edisi Online
Thursday, January 24, 2013
Bpk. Arief Sukartono, siapa yang tidak mengenal beliau. Namanya sudah tidak asing lagi di Area Situbondo. Perawakannya yang tinggi dan tenang diberi amanah menjadi SPV Pelayanan Pelanggan di Area Situbondo. Melihat nama jabatannya sudah terlihat bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Dengan amanah yang saat ini sedang diembannya, membuat Bapak penggemar kopi ini terus bereksperimen bagaimana membuat pelayanan yang memberikan kepuasan pelanggan sehingga muncullah aplikasi dari Area Situbondo yaitu SMT (Sistem Manajemen Terkendali).
Pria kelahiran 1962 ini memiliki hobi yang sangat unik, yaitu mengotak atik sebuah sistem (Programmer red). Hobinya tidak sekedar sebuah hobi biasa, tetapi hobinya bisa bermanfaat bagi kinerja perusahaan. Dengan hobinya dan keahliannya dalam membuat program, didukung oleh pihak manajemen terutama manajer area situbondo pada saat Tahun 2010 Bpk Ir. Hening Kyat Pamungkas.
Berawal dari surat tugas Manajer Area Situbondo, yang saat itu dipimpin oleh Ir. Hening Kyat Pamungkas, yang melihat kurang rapinya administrasi pada pelayanan pelanggan, akhirnya tercipta sebuah aplikasi yang diberinama SMT, agar proses bisnis PLN khususnya dibidang pelayanan pelanggan dapat termonitor dan terkendali.
Proses pembuatan SMT ini membutuhkan waktu 6 bulan, 3 bulan pertama untuk membuat visual prosedur yang dilakukan oleh ISO, dan waktu sisa inilah yang dilakukan Bpk. Arief untuk menyelesaikan program tersebut. Jika ditanya bagaimana dan kapan mengerjakan aplikasi tersebut, beliau mengatakan “saya biasa mengerjakannya pada malam hari, sebab malam hari lebih bisa konsentrasi dan tidak terganggu oleh pekerjaan lainnya” ucapnya sambil tersenyum.
Beliau menambahkan tujuan dari program ini diantaranya “Memberikan transparansi kepada pelanggan, membebaskan PLN dari calo karena program ini dijalankan dengan tertib administrasi dan memberikan pelayanan yang pasti terhadap pelanggan. Dan semenjak diterapkan Program SMT, progress pelayanan di Area Situbondo cukup bagus. Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) Area Situbondo lebih bagus karena check point di rayon dapat dipantau langsung area”.
Harapan beliau terhadap SMT, seluruh rayon – rayon di Jawa Timur menerapkan program tersebut karena program ini bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan kita dan selanjutnya jika sukses diterapkan di seluruh rayon Jawa Timur selanjutnya dapat diterapkan ke level Nasional dan memperkenalkan melalui wadah Karya Inovasi. Dan perlu diketahui dengan kerja keras beliau, SMT ini menjadi juara 2 pada Program Unggulan tingkat PLN Distribusi Jawa Timur.
Tidak berhenti pada harapan beliau terhadap SMT, beliau juga berharap terutama pada generasi muda PUSAKA sebagai pioner untuk turut aktif dalam mensosialisasikan SMT tidak hanya mengetahui nama SMT tetapi dapat lebih aktif mengetahui maksud, tujuan dan point point nya sehingga dapat memberikan informasi kepada rekan–rekan PLN lain. Selain itu dari Area wajib mengawal SMT ini, sehingga kegiatan rayon dapat terkontrol dan kinerja perusahaan tercapai. (tar)