Posted by Taretan Edisi Online
Thursday, October 10, 2013
Buletin Taretan - PLN Bersih saat ini di publikasikan besar-besaran oleh PT. PLN ( Persero ) yang menuju world class service. Maksud dari PLN Bersih ialah menghindarkan Perusahaan dari korupsi dan gratifikasi sebagaimana yang tertera pada Integritas Layanan Publik ( ILP ). Pegawai PT. PLN ( Persero ) harus mendukung program PLN Bersih yang telah di sepakati oleh Jajaran Pimpinan PLN. Selain pegawai PLN, para rekan kerja atau mitra kerja PLN harus juga bisa mendukung program tersebut.
PT. PLN Rayon Bondowoso juga menjalankan program PLN Bersih yang di dukung langsung oleh Area Situbondo. Kerja sama yang dilakukan antara Rayon Bondowoso dengan Area Situbondo untuk menggalakkan program PLN Bersih di kalangan pegawai dan outsourching memang begitu besar. Semangat tinggi yang dimiliki pegawai Rayon Bondowoso begitu besar untuk menerapkan program tersebut pada kinerjanya. Semangat tinggi tersebut di tunjukkan dengan kegiatan sehari – hari yaitu pemasangan Pin yang berlogo “PLN Bersih”,
Pendatanganan Janji Layanan & Pedoman Perilaku yang isinya “No Suap & No Gratifikasi” serta Pembuataan Banner atau spanduk yang di pasang pada depan kantor Rayon Bondowoso dengan tulisan “PLN Bersih, No Suap & No Gratifikasi”. Tidak hanya symbolic PLN Bersih yang ada di Rayon Bondowoso, pada saat coc sesekali pimpinan memberikan penyegaran tentang program yang di terapkan pada kinerja yaitu PLN Bersih. Yang terpenting dalam program tersebut bukan symbolic saja melainkan perilaku saat berhadapan dengan pelanggan atau instansi lainnya. Adapun perilaku yang seharusnya saat berhadapan dengan pelanggan diantaranya menampilkan perilaku yang 4 S ( Senyum, Sapa, Sopan, Santun ) dan memberitahukan maksud kedatangannya untuk melakukan pelayanan teknik maupun pelayanan penyambungan dengan mengucapkan tidak menerima segala sesuatu berupa apapun dari pelanggan yang bersifat Gratifikasi atau Suap.
Program PLN Bersih merupakan suatu program yang menunjukkan moral budi pekerti yang harus di miliki oleh semua karyawan PT. PLN ( Persero ). Akan tetapi program tersebut berjalan tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan dengan tingkat keseriusan dan ketulusan hati untuk memulai perubahan dari diri sendiri menuju yang lebih baik lagi. Pada kalangan pegawai Rayon Bondowoso, PLN Bersih bagaikan suatu pedoman kepribadian yang di junjung tinggi dengan menunjukkan cara bersikap dan berperilaku sebagai seorang pelayanan kepada pelanggan PT. PLN. Dengan integritas yang tinggi dalam melayani, pegawai dan outsourching bersatu menolak bersama yaitu berupa “ Suap & Gratifikasi “ karena Rayon Bondowoso merupakan Rayon dengan berisikan para pegawai dan outsourching yang kompak dan saling memahami antar rekan kerja serta satu tim kerja yang memiliki tekad untuk menjadi lebih baik dari masa lalu. Dengan rasa kebersamaan dan keselarasan maka suatu beban dalam menggapai suatu tujuan akan terasa lebih ringan dan beban itu akan menjadi sebuah tantangan yang menarik untuk dikerjakan sehingga tujuan tersebut akan tercapai. Program PLN Bersih itu sebenarnya mengembalikan suatu martabat seseorang yang bermoral.