Posted by Taretan Edisi Online
Tuesday, January 22, 2013
PLN Area Situbondo pada Tanggal 17 Januari 2013 mengadakan acara silaturahmi dan sosialisasi Tarif Dasar Listrik (TDL) 2013 bersama Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda dan Lembaga Swadaya Masyrakat (LSM) Kabupaten Situbondo. Dalam acara ini dihadiri oleh Manajer Area Situbondo, Asman Jaringan, Asman Transaksi Energi, Asman Pelayanan dan Administrasi. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Situbondo Mengenai Perubahan TDL tahun 2013, peneyesuaian TDL 2012 ke TDL dan 2013 serta membahasa kendala tarif listrik di Situbondo.
Selanjutnya manajer Area memberikan sambutan serta sosialisasi, dalam sosialisasi ini ada beberapa himbauan yang disamapaikan oleh manajer kepada para tokoh masyarakat ini diantaranya meminta untuk menyampaikan keluahan dari masyarakat terkait pelayananan untuk membantu kinerja PLN. Dalam hal ini beliau menyerukan juga bahwa Naik atau Tidaknya Tarif Dasar Listrik PLN wajib meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, beliau menjelaskan bahwa perubahan tarif tarif dasar listrik adalah regulator kewenangan pemerintah berdasarkan Kepmen Menteri ESDM no 30 tahun 2012. PLN dalam hal ini hanya sebagai operator BUMN yang wajib menjalankan kewajiban di bidang kelistrikan.
Dalam acara ini Manajer Area Situbondo Menunjukan Simulasi dan Pelanggan yang mengalami kenaikan tarif dasar listrik tahun 2013, beliau menjelaskan bahwa yang mengalami kenaikan listrik adalah pelanggan dengan daya 1300 keatas, untuk pelanggan dengan daya 450 dan 900 tidak mengalami kenaikan. Berikut presentase jumlah pelanggan yang mengalami kenaikan tarif listrik 2013 : tarif sosial (S) 748 pelanggan sebesar 0,59 persen, tarif rumah tangga (R) 9.340 pelanggan sebesar 7,34 %, tarif Bisnis (B) 1833 pelanggan sebesar 1,44 %, tarif Industri (I) 221 pelanggan sebesar 0,12%, tarif kantor pemerintah (P) 355 pelanggan sebesar 0,28% dan tower operator seluler 204 pelanggan sebesar 0,16 % total keseluruhan yang mengalami kenaikan tarif dasar listrik di area situbondo hanya sebnayak 9,54% dari keseluruhan total pelanggan PLN Area Situbondo. Dalam hal ini Manajer Area mengharapakn dengan kenaikan TDL kali ini dapat menekan dan mengurangi subsidi dari pemerintah.
Dalam kesempatan ini pihak PLN memberikan sesi tanya jawab kepada para tamu undangan, disini para tamu undangan sangat antusias dalam berdiskusi banyak diantaranya yang menanyakan tentang seringnya listrik padam, pelayanan petugas dilapangan dalam hal sikap yang kurang baik dan penaganan dilapangan, terkaitan tunggakan serta transparansi uang denda. Pihak PLN menjawab pertanyaan tersebut satu persatu dalam dalam hal padam listrik dijelaskan bahwa ada beberapa penyebab diantaranya : pemadaman terencana yang akan diinfokan sebelumnya serta pemedaman tidak terencana yaitu gangguan pembnagkit, gangguan GI, gangguan jaringan dan cuaca, penyebab utama gangguan paling besar di situbondo dari bulan desember 2012 s.d januari 2013 adalah layang – layang dan pohon tumbang yg mencapai presentase 40% dan 29%. Selain itu terkait dengan pelayanan petugas dilapangan yang kurang baik pihak PLN akan evaluasi dan akan ditindaklanjuti. Dengan adanya acara seperti ini diharapkan dapat memberi penjelasan kepada masyrakat terkait pelayanan dan kinerja PLN Area Situbondo. Seperti yang dikatakan Manajer Area PLN Situbondo Moh. Arief Mudhari, ST : ”Naik atau tidaknya tarif listrik pelayanan kami tetap harus kami tingkatkan, jika ada keluhan mengenai pelayanan bisa langsung di sampaikan kepada kami serta diharapkan PLN dengan Tokoh Masyarakat bisa saling membantu dilapangan demi pelayanan yg lebih baik”. (Edited : San)